PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING EVALUASI DATA PENJUALAN PT ASPACINDO KEDATON MOTOR

PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING EVALUASI DATA PENJUALAN PT ASPACINDO KEDATON MOTOR

https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.275

Authors

  • Zupri Henra Hartomi
  • Eka Sabna Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Yulanda Yulanda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Rinaldi Fakultas Kesehatan, Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Rifki sanjaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Data Mining, Clustering, Data Penjualan

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dari waktu kewaktu dirasakan semakin pesat, salah satunya adalah dalam usaha penjualan. PT. Aspacindo Kedaton Motor Pekanbaru merupakan usaha yang bergerak dalam bidang Penjualan sepeda motor. Dalam hal ini penginputan penjualan hanya dijadikan sebagai laporan tanpa ada pengembangan data yang lebih lanjut untuk dijadikan sebuah pengetahuan. Oleh karena itu dibutuhkan Penegeloaan Data Mining dengan motode klustering untuk mengolah data transaksi penjualan, sehingga diproleht sebuah keputusan yang dapat digunakan untuk menganalisis data penjualan. Tujuan utama dari metode clustering adalah pengelompokan sejumlah data/obyek ke dalam cluster, dimana cluster tersebut akan berisi data yang sama dengan groupnya masing-masing. Manfaatnya mempermudah analisis data yang besar dan membantu memberikan informasi data penjualan. Hasil dari penelitian ini diperoleh perbandingan daerah mana menghasilkan banyak penjualan yaitu kluster 1 pada daerah Tenayan Raya, kluster 2 pada daerah Limapuluh. Dan kluster 3 pada daerah Payung sekaki.  Dari pola yang di peroleh di harapkan dapat memberi pengetahuan untuk PT. Aspacindo Kedaton Motor Pekanbaru sebagai pendukung untuk mengambil kebijakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti Hermawati, Fajar, 2013,”Data Mining”, Andi: Yogyakarta

Hartomi, Z. H., & Santony, J. (2020). Optimalisasi Prediksi Biaya Komisi Penjualan Mobil Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal KomtekInfo, 7(2), 140-151.

Hartomi, Z. H., & Muhaimin, A. (2022). PELATIHAN PENJUALAN KERAJINAN BATIK TULIS SLB NEGERI PEMBINA PEKANBARU BERBASIS WEBSITE. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(12), 3357-3370

Nango, Dwi Noviati. 2012. Penerapan Algoritma K-means Untuk Clustering Data Anggaran Pendapatan Belanja Daerah di Kabupaten xyz.Gorontalo. Teknik Informatika Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo

Putri, T. U., Herdiansyah, M. I., & Purnamasari, S. D. (2014). Jurnal Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Menggunakan Metode Clustering. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika

Rindho, N. (2009). Implementasi Data Mining Dengan Metode Clustering Untuk Melakukan Competitive Intelligence Perusahaan (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana).

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Hartomi, Z. H., Sabna, E., Yulanda, Y., Amartha, M., & sanjaya, R. (2022). PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING EVALUASI DATA PENJUALAN PT ASPACINDO KEDATON MOTOR: PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING EVALUASI DATA PENJUALAN PT ASPACINDO KEDATON MOTOR. Jurnal Ilmu Komputer, 11(2), 105–109. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.275

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.