SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 167 PEKANBARU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

https://doi.org/10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.66

Authors

Keywords:

Analytic Hierarchy Process, AHP, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Sistem pendukung keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer  yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Saat ini banyak sekolah yang belum menggunakan sistem pendukung keputusan dalam penilaian siswa berprestasi, salah satunya adalah SD Negeri 167 yang terletak di Jl.Muhajirin Arengka Pekanbaru yang  memiliki banyak murid berprestasi. Prestasi murid yang ada di SD ini bukan hanya di bidang akademis, namun juga memiliki prestasi dibidang lainnya. Pada saat ini prestasi yang lebih menonjol terlihat di bidang akademis, terkadang murid yang menguasai suatu pelajaran sering tidak terlihat karena kenakalannya, prestasi murid hanya di ukur pada saat murid masuk dalam urutan ranking 10 besar, sementara murid yang lain yang mungkin menguasai satu mata pelajaran saja tidak tampak berprestasi karena tidak termasuk dalam ranking 10 besar, dikarenakan nilai mata pelajaran yang lain mendapatkan hasil yang rendah, misalnya hanya menguasai matematika dan bahasa indonesia saja. Oleh karena itu sekolah ini memerlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menjadi standar ukuran penilaian prestasi bagi kemampuan belajar siswa di sekolah, sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan rekomendasi tentang siswa berprestasi yang merupakan hasil dari pengolahan multikriteria dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jogiyanto, (2003), Sistem Teknologi Informasi, Andi, Yogyakarta.
Jogiyanto, (2005).Analisan & Desain. Yogyakarta: Andi
Kadir, Abdul, (2008 ), Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP,
Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem penunjang Keputusan. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET

Published

2018-02-03

How to Cite

Irawan, Y. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 167 PEKANBARU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 85–90. https://doi.org/10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.66

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>