SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI STIKES HANG TUAH MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.238

Authors

  • Abdi Muhaimin Abdi Muhaimin STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Bambang Kurniawan STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Haris Tri Saputra

Abstract

STIKes Hangtuah sebagai lembaga pendidikan yang sudah terakreditasi memiliki 4 (empat) program studi yaitu ilmu kesehatan masyarakat, Kebidanan, Keperawatan, Teknik Gigi, dan Perekam dan informatika kesehatan (Pikes). STIKes. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi pendukung keputusan untuk memilih mahasiswa penerima beasiswa. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) memungkinkan pengguna untuk melakukan pengambilan keputusan dengan lebih cepat dan tepat. Metode yang digunakan adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Alasan penggunaan metode AHP adalah karena metode AHP melakukan seleksi dengan proses pembentukkan hierarki terlebih dahulu, sehingga memudahkan peneliti dalam proses penelitian. Proses penelitian selanjutnya dilakukan berdasarkan prosedur AHP. Kriterianya adalah semester, indeks prestasi kumulatif (IPK), penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua dan wawancara.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Analytic Hierarchy Process (AHP).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-29

How to Cite

Abdi Muhaimin, A. M., Kurniawan, B. ., & Tri Saputra, H. . (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI STIKES HANG TUAH MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP): SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN . Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 39–42. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.238