SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN LOKASI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DENGAN MENGGUNA¬KAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

https://doi.org/10.33060/JIK/2013/Vol2.Iss1.12

Authors

  • Elmi Devia

Abstract

Saat sekarang ini banyak sekali Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang bermunculan dengan tujuan membantu masyarakat dalam mencari ilmu. Seiring dengan banyaknya LKP yang baru didirikan maupun pembukaan cabang baru maka semakin banyak pula persaingan antar LKP. Salah satu faktornya adalah pemilihan lokasi yang tepat dan strategis. Kadangkala pihak pengelola LKP kurang memperhatikan faktor tersebut sehingga LKP yang baru dibuka tidak seramai LKP yang lainnnya yang telah berdiri sebelumnya. Sistem penunjang keputusan adalah sistem informasi yang mampu menghasilkan informasi yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan, sedangkan Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah metode yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dengan multi kriteria dan multi alternatif. Kriteria yang dapat digunakan adalah akses ke lokasi, jumlah sekolah, jalur angkutan umum, lembaga pesaing, sewa kontrak tempat, dan jarak den­gan perumahan. Dengan sistem penunjang keputusan menggunakan model AHP dan penggunaan pe­rangkat lunak Expert Choice dapat menentukan rekomendasi alternatif lokasi LKP yang tepat.     

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daihani, U.D. 2001. Komputerisasi Pendukung Keputusan. Jakarta. Elex Media Kompu¬tindo.

Hadihardaja, K.I. 2006. Aplikasi Multiobjective Multicriteria Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan Software Expert Choice. Semarang. Univer¬sitas Diponegoro. Tidak Diterbitkan.

Kusrini .2004. Konsep dan Aplikasi sistem Pendukung Keputusan. STMIK AMIKOM Yogyakarta. Andi.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Ja-karta. Grasindo.

Suryadi, K., Ramdhani, A.M. 2002. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

Devia, E. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN LOKASI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DENGAN MENGGUNA¬KAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 48–66. https://doi.org/10.33060/JIK/2013/Vol2.Iss1.12