Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Pada CV. Karya Alam

Authors

  • khoirunnisa nisa Universitas Nusa Mandiri
  • Tri Puji Yuliani TPY Universita Nusa Mandiri
  • Dian Natasha Putri Universita Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss2.215

Keywords:

Sistem pendukung Keputusan (SPK), Profile Matching, Pemilihan Karyawan Terbaik

Abstract

Karyawan adalah aset terpenting dalam sebuah perusahaan, karena tanpa karyawan perusahaan tidak akan bertahan lama dan akan mengalami kemunduran. Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan kompeten bagian sumber daya manusia (SDM), harus benar-benar melakukan tugasnya dengan baik. Di CV. Karya Alam proses Penentuan karyawan terbaik masih dilakukan dengan cara manual atau musyawarah, karena hanya didasarkan pada penilaian manager operasional dan tidak didasarkan pada kriteria tertentu untuk proses pemilihan karyawan terbaik sehingga menyebabkan ketidakadilan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya. Ada beberapa Kriteria Pemilihan karyawan terbaik di Cv. Karya Alam yaitu Aspek Displin, Aspek Integritas dan Aspek Kecerdasan. Metode yang akan digunakan untuk merumuskan sistem keputusan pemilihan karyawan terbaik adalah Metode Profile matching yang merupakan metode penelitian yang dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan, proses evaluasi kompetensi dilakukan dengan membandingkan satu profil nilai (nilai kebutuhan kompetensi) dengan beberapa profil nilai kompetensi lainnya, sehingga hasil perbedaan antara kebutuhan kompetensi dapat diketahui.  Dengan menggunakan metode profile matching. maka Cv. Karya Alam dapat mengetahui karyawan terbaik berdasarkan rangking.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Metode, A. H. P. Dan, S. A. W. Dalam, P. T. Pestrap, and M. Sukses, “PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA JISICOM ( Journal of Information System , Informatics and Computing ),” vol. 4, no. 2, pp. 50–60, 2020.

S. Multismart and L. Teori, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING,” vol. II, no. 2, pp. 45–51, 2018.

Z. K. Abidin, “Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Pada Pt Ananda Solusindo Cikarang,” Informatika, pp. 1–15, 2017, [Online]. Available: https://orcid.org/my-orcid.

F. Sari, Metode Dalam Pengambilan Keputusan. yog: Deepublish, 2017.

Diana, Metode & Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. yogyakarta: Deepublish, 2018.

L. made Yulantari, Manajemen Model pada Sistem Pendukung Keputusan. yogyakarta: Cv. Andi, 2019.

H. Pratiwi, Buku ajar Sistem Pendukung Keputusan. yogyakarta: Deepublish, 2016.

rani irma handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Profile Matching Pada Pt. Sarana Inti Persada (Sip),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 28–34, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/332.

F. Idam, A. Junaidi, and P. Handayani, “Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching Pada PT. Surindo Murni Agung,” J. Infortech, vol. 1, no. 1, pp. 21–27, 2019, doi: 10.31294/infortech.v1i1.6985.

B. H. Muhaimin Hasanudin, Yansen Marli, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus Pada Pt . Bando Indonesia ),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2018, vol. 6, no. 3, pp. 91–96, 2018.

Haryani and D. Fitriani, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Pada Collection Pt.Panin Bank Menggunakan Metode Profile Matching,” J. Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2019, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/521.

vivi herlina, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner menggunakan SPSS. jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.

A. M. Edi suryadi, Deni Darmawan, Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: remaya rosdakarya, 2019.

haddy suprapto, Metodelogi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. yogyakarta: gosyen publishing, 2017.

R. R. Santika, A. Kamila, M. I. Abdillah, and S. Hansen, “Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Pada Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 1, p. 68, 2020, doi: 10.35314/isi.v5i1.1311.

R. Hidayat, “Menentukan Promosi Jabatan Karyawan dengan Menggunakan Metode Profile Matching dan Metode Promethee,” IJSE - Indones. J. Softw. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 57–65, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/667/558.

Downloads

Published

2021-10-31