Penerapan Internet of Things (IoT) Kontrol Lampu Menggunakan NodeMCU ESP8266 dan Smartphone
https://doi.org/10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss2.231
Keywords:
Android, Internet of Things (IoT), Kontrol Lampu, NodeMCU ESP8266, SmartphoneAbstract
Abstract
The development of smartphones is so rapid, so that many smartphone functions can be used to help humans, one of the functions of smartphones is to control electronic devices with bluetooth or wireless transmission, with the aim that electronic devices can be integrated in the application of IoT (Internet of Things). Workspace for employees of the Regional Personnel Agency (BKD) of Riau Province in turning off and turning on the lights using a manual switch. The problem is when the employee finishes work and the office room is locked and the room lights forget to be turned off by the employee, and the office security has difficulty turning off the lights because the room is locked, if the lights are left on, there will be a waste of electrical energy and damage to the light bulb because it is on continuously. This study aims to build a system that can control the workspace lights at the IoT-based BKD office in Riau Province using the NodeMCU ESP8266 module as a sensor, a 5V Relay module and a Smartphone as a remote controller as well as a model for building a lamp control system using the Prototype method. The programming language used is C language and Arduino IDE which is Open Source. The results of this study are in the form of a lamp control system device with an IoT-based smartphone in the form of a prototype and based on these results it can be concluded that the lamp control system device with an IoT-based smartphone can work well, making it easier for officers to control the lights, and can reduce the risk of lamp damage and wasteful. the electrical energy caused by the lamp burning continuously.
Keywords: Android, Internet of Things (IoT), Light Control, NodeMCU ESP8266, Smartphone
Abstrak
Perkembangan telepon cerdas (Smartphone) begitu pesat, sehingga banyak fungsi smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk membantu manusia, salah satu fungsi smartphone untuk mengendalikan perangkat elektronik dengan transmisi bluetooth atau wireless, dengan tujuan agar perangkat elektronik dapat terintegrasi dalam penerapan IoT (Internet of Things). Ruangan kerja pada pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau dalam mematikan dan menyalakan lampu menggunakan saklar manual. Permasalahannya ketika pegawai selesai bekerja dan ruangan kantor sudah terkunci dan lampu ruangan lupa dimatikan oleh pegawai, dan keamanan kantor kesulitan untuk mematikan lampu karena ruangan terkunci, jika dibiarkan lampu terus menyala sehingga akan terjadinya pemborosan energi listrik dan kerusakan pada bola lampu karena menyala terus menerus. Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat mengendalikan lampu ruangan kerja dikantor BKD Provinsi Riau berbasis IoT menggunakan modul NodeMCU ESP8266 sebagai sensor, modul Relay 5V dan Smartphone sebagai remot kontrol serta untuk model membangun sistem kontrol lampu menggunakan metode Prototype. Bahasa pemrograman yang digunakan Bahasa C dan Arduino IDE yang bersifat Open Source. Hasil penelitian ini berupa perangkat sistem pengontrol lampu dengan smartphone berbasis IoT dalam bentuk prototipe dan berdasarkan hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan perangkat sistem pengontrol lampu dengan smartphone berbasis IoT dapat bekerja dengan baik, sehingga memudahkan petugas dalam mengotrol lampu, dan dapat mengurangi resiko kerusakan lampu dan boros energi listrik yang diakibatkan lampu menyala terus menerus.
Kata Kunci : Android, Internet of Things (IoT), Kontrol Lampu, NodeMCU ESP8266, Smartphone
Downloads
References
Artono, B., & Putra, R. G. (2019). Penerapan Internet Of Things (IoT) Untuk Kontrol Lampu Menggunakan Arduino Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.25047/jtit.v5i1.73
Febriani, A., Melyanti, R., & Syahputra, R. W. (2020). Sistem Informasi Donor Darah Berbasis Android pada Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 11–19. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss1.146
Giyartono, A., & Kresnha, E. (2015). Aplikasi Android Pengendali Lampu Rumah Berbasis Mikrokontroler Atmega328. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, November, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/index
Herianto, & Hasnor, K. (2021). Rancang Bangung Alat Deteksi Kebisingan Pengunjung Perpustakaan Bedasarkan Parameter Tekanan Suara Menggunakan Nodemcu Esp8266. Jurnal Ilmu Komputer, 10(1), 20–26. https://doi.org/10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.204
Irawan, Y. (2020). Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia dengan Menerapkan Augmented Reality (Studi Kasus: SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci). Jurnal Ilmu Komputer, 9(2), 102–106. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss2.173
Irawan, Y., Wahyuni, R., Muhardi, Fonda, H., Hamzah, M. L., & Muzawi, R. (2021). Real Time System Monitoring and Analysis-Based Internet of Things (IoT) Technology in Measuring Outdoor Air Quality. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(10), 224–240. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i10.20707
Irawan, Y., Yulisman, Ordila, R., & Akbar, A. (2021). Implementasi Wireless Security Menggunakan Radius Media Access Control Authentication pada SMK Negeri 3 Bengkalis. Riau Journal of Computer Science, 7(01), 63–70. https://doi.org/10.30606/rjocs.v7i1.2075
Iswanto, & Gandi. (2018). Perancangan Dan Implementasi Sistem Kendali Lampu Ruangan Berbasis Iot (Internet of Things) Android (Studi Kasus Universitas Nurtanio). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, IX(1), 38–46. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jurnalfiki/article/view/238
Kusumaningrum, A., Pujiastuti, A., & Zeny, M. (2017). Pemanfaatan Internet of Things Pada Kendali Lampu. Compiler, 6(1), 53–59. https://doi.org/10.28989/compiler.v6i1.201
Rahmalisa, U., Mardeni, Rialtra, H., & Arie, L. (2020). Pemberi Makan Otomatis pada Kucing Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer, 3(2), 298–308. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i2.782
Sindhu, R. D., Sari, I., & Lestari, D. P. (2021). Pembuatan Prototype Smart Home Menggunakan NodeMCU Esp8266 V3 dan Chat Bot pada Smartphone Android. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 26(2), 123–135. https://doi.org/10.35760/ik.2021.v26i2.4157
Sitorus, L. (2015). Algoritma dan Pemrograman. Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komputer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.