APLIKASI PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA STMIK HANG TUAH PEKANBARU BERBASIS ANDROID ( E-VOTING)

APLIKASI PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA STMIK HANG TUAH PEKANBARU BERBASIS ANDROID ( E-VOTING)

https://doi.org/10.33060/JIK/2018/Vol7.Iss1.82

Authors

Keywords:

Aplikasi, Pemilihan, Java, Android, E-voting.

Abstract

Voting telah menjadi salah satu metode untuk mengambil keputusan penting dalam kehidupan manusia, voting digunakan mulai dari kehidupan kecil seperti keluarga sampai yang terbesar seperti halnya pemilihan ketua atau presiden dalam organisasi. Pemilihan Presiden Mahasiswa di kampus STMIK Hang Tuah Pekanbaru, masih dilakukan secara manual. Seluruh mahasiswa aktif langsung datang ke tempat pengumutan suara pada saat hari pemilihan. Kemudian Mahasiswa akan masuk di bilik tempat pengumutan suara lalu melakukan hak pilihnya dengan cara mencoblos atau mencontreng kertas suara yang kemudian akan dimasukan ke kotak suara. Setelah proses pengumutan suara selesai kemudian akan dilakukan penghitungan hasil suara.

Pemungutan suara adalah bagian penting dari proses pemilihan umum secara demokratis, saat ini proses pemungutan suara di STMIK Hang Tuah Pekanbaru masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu menggunakan media kertas suara. Electronicvoting atau biasa disebut e- voting adalah alat proses demokrasi pada masa depan untuk melakukan proses pemungutan suara dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

Aplikasi e-voting untuk Pemilihan Ketua Presiden Mahasiswa STMIK Hang Tuah Pekanbaru Berbasis Android adalah sebuah aplikasi yang mampu membantu dalam kegiatan pemilihan Presiden Mahasiswa STMIK Hang Tuah Pekanbaru . Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode penelitian Waterfall dengan bahasa pemrograman java,XML, dan PHP .

Downloads

Download data is not yet available.

References

AD/ART BEM STMIK Hang Tuah Pekanbaru. 2016
Andre, Petrus. 2014. Macam-macam Struktur Navigasi Pada Website. http://www.andre.web.id/2014/05/struktur-navigasi-website.html. [27 Februari 2017. Jam 22:52 WIB]
Anwar, Badrul., H. Jaya, dan kk. 2014. Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi User.
Fabernainggolan. 2014. Eclipse dan
Android SDK.http://www.fabernainggolan.net/eclipse-dan-android-sdk[ 27 Februari 2017. Jam 22:00 WIB].
Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data dalam All in One. Media Komputindo. Jakarta.
Jogiyanto, H.M. 2010. Analisis & Desain Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Kadir, Abdul. 2012. Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Kadir, Abdul. 2013. From Zero to a Pro : Pemrograman Aplikasi Android. Andi. Yoyakarta.
Kasman, Akhmad Dharma. 2013. Kolaborasi Dahsyat Android Dengan PHP & MYSQL. Lokomedia. Yogyakarta.
Safaat H, Nazruddin. 2014. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile SmartPhone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.
Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Published

2018-04-28

How to Cite

Wahyuni, R. (2018). APLIKASI PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA STMIK HANG TUAH PEKANBARU BERBASIS ANDROID ( E-VOTING): APLIKASI PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA STMIK HANG TUAH PEKANBARU BERBASIS ANDROID ( E-VOTING). Jurnal Ilmu Komputer, 7(1), 33–37. https://doi.org/10.33060/JIK/2018/Vol7.Iss1.82

Most read articles by the same author(s)