SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM) UNTUK PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DALAM PENGURUSAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN

https://doi.org/10.33060/JIK/2014/Vol3.Iss1.21

Authors

  • Yulanda Yulanda

Keywords:

Artificial Intelligence, Forward Chaining, Angka Kredit Dosen

Abstract

Sistem pakar merupakan sistem yang menggabungkan antara pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan suatu masalah yang memerlukan keahlian manusia. Tujuan pengembangan sistem pakar bukan untuk menggantikan peran manusia atau pakar, melainkan untuk mendistribusikan pengetahuan manusia ke dalam bentuk sistem. Representasi pengetahuan yang digunakan pada penelitian ini adalah production rule, dan metode inferensi yang digunakan adalah forward chaining. Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah perancangan dan pembuatan sistem pakar dengan menggunakan metode forward chaining untuk menghitung Angka Kredit Dosen dalam pengurusan jabatan Fungsional Dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Balza., 2006, “Kecerdasan Buatan,” Diktat Mata Kuliah, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Destarianto, Prawidya., Erni Yudaningtyas., dan Sholeh Hadi Pramono., 2013, “Penerapan Metode Inference Tree dan Forward Chaining dalam Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Kedelai Edamame Berdasarkan Gejala Kerusakannya,” Jurnal EECCIS, Vol. 7.No. 1, Juni, Malang.
Eviyanti, Ade., 2010, “Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Gangguan Pencernaan pada Orang Dewasa,” Teknologia, Vol. 5, Sidoarjo.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, kbbi.web.id, http://kbbi.web.id/cerdas, 27 Desember 2013 (11:04).
Mahardika, Galang Prihadi., dan Izzati Muhimmah., 2013, “Perancangan Sistem Pakar Medis untuk Kasus Dermatomikosis Superfiliasis,” Seminar Nasional Informatika Medis Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Merlina, Nita., dan Rahmat Hidayat., 2012, Perancangan Sistem Pakar Studi Kasus: Sistem Pakar Kenaikan Jabatan, Edisi Pertama, Ghalia Indonesia, Bogor.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013., Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kredit, 21 Maret 2013, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 446, Jakarta.
Putri, Prista Amanda., dan Hindayati-Mustafidah., 2011, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Hati Menggunakan Metode Forward Chaining (Expert System for Diagnosing Liver Disease Using Forward Chaining),” JUITA, Vol. 1, No. 4, November, Purwokerto.
Randi MS, Ivo., Zaenal Wafa, dan Ruri Hartika Zain., 2010, “Perancangan Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Kanker Serviks dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” Jurnal Teknik Informatika, Padang.
Turban, Efraim., Jay E. Aronson., and Ting Peng Liang., 2005, Decisions Support Systems and Intelligent Systems, Seventh Edition, Pearson Education, Inc, New Jersey.

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

Yulanda, Y. (2017). SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM) UNTUK PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DALAM PENGURUSAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN. Jurnal Ilmu Komputer, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.33060/JIK/2014/Vol3.Iss1.21

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.