SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA HAMA PENYAKIT TANAMAN AGLAONEMA

https://doi.org/10.33060/JIK/2012/Vol1.Iss1.8

Authors

  • Ratih Agustina Imaniar

Keywords:

Hama Penyakit Aglaonema, Sistem Pakar, Forward Chaining

Abstract

Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama Penyakit Tanaman Aglaonema, ini dibuat den­gan tujuan agar dapat menangani gangguan atau kerusakan tanaman Aglaonema akibat serangan hama maupun penyakit, sehingga sistem ini dapat berperan layaknya seorang pakar yang ahli da­lam bidang tanaman hias, terutama tanaman Aglaonema. Sistem Pakar ini menggunakan metode penelusuran forward chaining, yaitu pembuatan sistem pakar ini dimulai dengan mendeklarasikan dahulu pertanyaan-pertanyaan dari permasalahan sistem pakar untuk kemudian dari pertanyaan tersebut mendasari adanya kesimpulan dari analisa permasalahan.

                Sebelum sistem pakar dibangun, perlu mengidentifikasi dahulu permasalahan yang ada, kemudian setelah permasalahan diketahui perlu adanya identifiaksi kebutuhan software dan hard­ware.  Dalam pengembangan selanjutnya struktur basis data perlu dipersiapkan untuk memulai pembuatan sistem pakar ini.  Perlu adanya pengujian terhadap sistem pakar yang telah dibuat se­hingga dapat diketahui adanya kesalahan yang mungkin terjadi pada saat pengembangan sistem pakar ini.  Pengujian yang dilakukan bertujuan untuk mencari perbandingan kecepatan antara sis­tem yang berjalan langsung dengan sistem yang sistem yang berjalan lewat program sistem pakar.

                Setelah semua tahapan dilakukan, maka perlu adanya suatu langkah untuk menyimpulkan dan memberi saran terhadap pengembangan sistem pakar ini sehingga dapt memberikan masukan terhadap pengembangan sistem pakar selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“Aglaonema”, TRUBUS. Vol.04

ANDI .2003. Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Visual Basic. Yogyakarta:

Arhami, Muhammad . 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI

Junaedhie, Kurniawan .2006. Panduan Praktis Perawatan Aglaonema. Jakarta: Agromedia Pustaka

Ladjamudin, Al-Bahra bin. 2000. Analisa dan Desain Sistem Informasi

Nugroho, Bunafit. 2004 VISUAL BASIC. Yogyakarta: Gava Media

Yusnanto. 2003. Pemrograman Dasar Visual Basic 6.0. Surabaya: PRESTASI PUSTAKA

Published

2017-03-30

How to Cite

Imaniar, R. A. (2017). SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA HAMA PENYAKIT TANAMAN AGLAONEMA. Jurnal Ilmu Komputer, 1(1), 70–79. https://doi.org/10.33060/JIK/2012/Vol1.Iss1.8