PENGEMBANGAN SISTEM PAYROLL DI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus : STMIK Hang Tuah Pekanbaru)

https://doi.org/10.33060/JIK/2015/Vol4.Iss1.32

Authors

  • Mardainis .

Abstract

Sistem Payroll pAda perguruan tinggi khususnya untuk dosen terbagi kedalam dua kelompok, yaitu gaji untuk dosen honorer dan gaji dosen tetap. Honor mengajar dibayarkan untuk dosen yang berstatus tidak tetap, sementara gaji tetap dibayarkan untuk dosen tetap yayasan. Namun apabila  dosen tetap melakukan pengajaran dikelas, yang bersangkutan juga berhak atas honor mengajarnya. Gaji bersih dosen adalah gaji tetap ditambah tunjangan dan honor mengajar dikurangi pajak penghasilan. Untuk dosen tidak tetap gaji bersih adalah honor mengajar dikurangi pajak. Dengan adanya dua model penggajian tersebut, pengolahan data secara manual dirasa kurang tepat karena peluang kesalahan hitung akan mungkin terjadi. Penerapan Sistem payroll merupakan langkah yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut.Sistem payroll mampu memilah data dosen tetap dan dosen tidak tetap, menghitung besaran gaji pokok, tunjangan maupun honor mengajar dengan tepat, bahkan menghitung pemotongan pajak penghasilan dari masing-masing dosen.Perhitungan gaji dosen berdasarkan data dosen, absensi aktifitas mengajar dan peraturan pajak.Laporan yang dihasilkan mulai dari daftar dosen, laporan slip gaji dan laporan daftar biaya gaji perbulan.Semuanya disajikan dengan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Nugroho, ST, MMSI (2004), Konsep Pengembangan Sistem Basis Data, Penerbit Andi Offset.

Andri Kristanto (2003), Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Penerbit Gava Media.

Candra, Andi., “Kenaikan PTKP”, 20 November 2014, http://www.pajak.go.id/content/article/kenaikan-ptkp.

Supardi, Yuniar.,Semua Bisa Menjadi Programmer Visual Basic 2010 Case Study, Penerbit PT. Elek Media Komputindo.


“Kalkulator Iuran JKN – Pekerja Formal Non PNS”, 6 April 2015. http://www.jamsosindonesia.com/teropong/subdetail/bpjskesehatan_397/kalkulator-iuran-bpjs-kesehatan_18.

Makfal Nasirudin, Moh, “Cara Perhitungan PPh21 Terbaru”, 2 Februari 2015, http://www.pajak.go.id/content/article/cara-penghitungan-pph-pasal-21-terbaru.


Profil Perguruan Tinggi Kopertis Wilayah X 2007, Penerbit Kopertis Wilayah X.

Profil Perguruan Tinggi Kopertis Wilayah X 2007, Penerbit Kopertis Wilayah X.

Pendidikan Hangtuah Pekanbaru, Buku Panduan Akademik Tahun Ajaran 2014/2015, Pendidikan Hangtuah.

Peraturan Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan, pdf, 5 April 2015.

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

., M. (2017). PENGEMBANGAN SISTEM PAYROLL DI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus : STMIK Hang Tuah Pekanbaru). Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 36–58. https://doi.org/10.33060/JIK/2015/Vol4.Iss1.32