ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN EKSTERNAL DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

https://doi.org/10.33060/JIK/2015/Vol4.Iss1.31

Authors

  • Henny Maria Ulfa

Keywords:

Analisis Pelaksanaan Sistem Informasi Pelaporan Eksternal, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Abstract

Laporan eksternal merupakan laporan yang dikirim ke pihak luar seperti Direktoral Jendral Bina Upaya Kesehatan, laporan yang dikirim yaitu dari RL1-RL5, data survailans, data DBD, data maternal dan perinatal. Rumah Sakit saat ini belum ada mengirimkan laporan untuk RL1-RL3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Sistem Informasi Pelaporan Eksternal di RSUD Arifin Achmad Provinsi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang dengan metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Analisa data menggunakan teknik isi. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa untuk aplikasi software laporan eksternalnya masih dalam tahap pembuatan khususnya untuk yang RL1-RL3, untuk SDM nya yang masih kurang mendapatkan pelatihan, SOP masih menyesuaikan dengan JUKNIS terbaru, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa sistem informasi pelaporan eksternalnya kurang optimal karena belum tersedianya beberapa aplikasi software nya, kurangnya pelatihan untuk SDM, SOP yang masih belum ada, dan banyak saran dan prasarana yang kurang memadai. Disarankan untuk pihak IT segera menyelesaikan pembuatan program software laporan eksternal, memberikan pelatihan untuk SDM di bagian pengolahan data dan pelaporan, cepat terselesaikanya pembuatan SOP yang baru, dan segera menyediakan sarana dan prasarana yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boo, Y. A, Young. Noh. Kim Sukil & Kim Min-gyung. (2012). A study of the difference in volume of information in chief complaint and present illness between electronic and paper medical records. Gadjah Mada University. http://web.ebscohost.com/ehost/detail. Diakses tanggal 12 Juni 2013.

Edward & Courtney. (2012). Nursing leaders serving as a foundation for the electronic medical record. Gadjah Mada University. http://web.ebscohost.com/ehost/detail.

Fitri, D. (2012). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Rekam Medis di Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru Tahun 2012. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Giyana, F. (2012). Analisis Sistem Pengelolaan Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah kota Semarang. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Diponegoro. http ://ejournals1.undip.ac.id.index.php.jk.

Herlambang, S & Murwani, A. (2010). Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Yogyakarta : Gosyen Publishing

JK, Hart. BW, Newton & SE, Boone. (2010). University of Arkansas for medical sciences electronic health record and medical informatics training for undergraduate health professional. Gadjah Mada University. http://web.ebscohost.com/ehost/detail. Diakses tanggal 12 Juni 2013.

Kementrian Kesehatan RI Direktoral Jendral Bina Upaya Kesehatan. (2011). JUKNIS SIRS.

Kusumadewi, S., Fauzijah. A., Khoiruddin, A.A., Wahid, F., (2009). Informatika Kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nasrun, F. (2012). Analisis Faktor-Faktor dalam Pelaksanaan Pelayanan Rekam Medis RSUD Siak Tahun 2012. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Hang Tuah Pekanbaru.

Ndraha, T. (2002). Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

Ulfa, H. M. (2017). ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN EKSTERNAL DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU. Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 26–35. https://doi.org/10.33060/JIK/2015/Vol4.Iss1.31

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.