RANCANG BANGUN APLIKASI PARIWISATA BENGKALIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

https://doi.org/10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.172

Authors

  • Uci Rahmalisa
  • Yulanda Yulanda STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Android Studio, Tourism, Bengkalis, Application, Systems Information

Abstract

Pariwisata merupakan aspek yang berharga bagi suatu daerah, dengan adanya pariwisata makan daerah tersebut dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut dan dapat memajukan perekonomian masyarakat sekitar, Bengkalis memiliki sejumlah objek wisata yang menarik utnuk dikunjungi, namun karena kurang nya informasi dan letak geografis yang sulit dijangkau menjadi kendala bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Dengan adanya aplikasi pariwisata Bengkalis menggunakan aplikasi android yang mudah dan dapat dibawa kemanapun dapat membantu wisatawan dalam mencari destinasi wisata Khususnya di Kabupaten Bengkalis. Hasil pengujian yang dilakukan pada sistem operasi Android P, tombol dan fungsi yang ada didalam aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai fungsionalitasnya masing-masing, hanya saja kendala yang dihadapi yaitu pada API dari Google Maps yang digunakan API Tahun 2017, dimana pada API tersebut letak objek wisata yang kondisi geografi nya sulit tidak presisi dengan yang terdapat di Maps pada aplikasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, M., Zainul, R., Wahyuningtyas, N., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., ... & Santoso, Y. (2020, July). Development of Content Learning System in Professional Education Subjects for Educational Institutions in Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1594, No. 1, p. 012022). IOP Publishing.

Fatmawati, K., Sabna, E., & Irawan, Y. (2020). RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH PINTAR MENGGUNAKAN SENSOR JARAK BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO. Riau Journal Of Computer Science, 6(2), 124-134.

Irawan, Y., Rahmalisa, U., & Aprilia, U. (2019). Sistem Database Pemasyarakatan Studi Kasus Lapas Kelas II A Pekanbaru. Journal of Technopreneurship and Information System, 2(2), 59-67.

Mulyadi, 2010, Membuat Aplikasi untuk Android. Multimedia Center Publishing, Yogyakarta

Muslih, D, A, Dkk, 2017, Perancangan Aplikasi Panduan Pariwisata kota Tasikmalaya pada perangkat Bergerak Berbasis Android, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia,

Rahmalisa, U. (2017). Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer, 6(2), 79-84.

Rizal, M, 2017, Perancangan aplikasi lokasi wisata kota jakarta menggunakan algoritma sequential search berbasis android, STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Sugiarto, M. I., Linarta, A., & Sofiyan, A. (2019). Aplikasi Layanan Informasi Absen dan Nilai Berbasis SMS Gayeway Menggunakan PHP pada SMK Taruna Persada Dumai. Informatika, 9(2), 60-69.

Wahyuni, R. (2019). Jurnal APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT CAMPAK DAN PENCEGAHAN DENGAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB. Jurnal Ilmu Komputer, 8(2), 53-59.

Downloads

Published

2020-10-16

How to Cite

Rahmalisa, U., & Yulanda, Y. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI PARIWISATA BENGKALIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING. Jurnal Ilmu Komputer, 9(2), 98–101. https://doi.org/10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.172

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>