Jurnal PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM PEKANBARU BERBASIS WEB

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM PEKANBARU BERBASIS WEB

https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.279

Authors

Keywords:

akademi, implementasi, perancangan, sistem informasi, web

Abstract

Sekolah sebagai suatu instansi di bidang pendidikan banyak melakukan pengolahan data baik data siswa, guru, jadwal pelajaran, mata pelajaran, kelas maupun data nilai pelajaran. Datadata tersebut dalam jumlah yang besar sehingga penyimpanan dan pengadministrasian harus dilakukan dengan baik. Dalam pengolahan data akademik kebanyakan sekolah menggunakan sistem pengolahan secara manual yaitu data yang ada berupa setumpuk kertas atau rekam yang disimpan dalam rak. Sistem tersebut tentu saja mempunyai banyak kelemahan yang implikasinya adalah lemahnya administrasi, pemborosan tenaga, penyajian yang buruk, pelayanan yang kurang optimal, dan kualitas data yang rendah. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana langkah-langkah pembuatan Sistem Informasi Akadimik yang tepat untuk SDIT Bustanul Ulum menggunakan PHP dan MySQL. Metode kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan data baik dengan metode waterfal, observasi, wawancara, dan selanjutnya dilakukan perancangan program. Metode ini merupakan usaha untuk mendapatkan penyelesaian dari permasalahan Sistem Informasi Akademi. Sistem informasi akademik dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) serta menggunakan database MySQL. Sistem informasi yang dibuat memiliki 3 user, yaitu siswa, guru dan admin. Keberadaan komputer yang tersedia saat ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal agar dapat mempermudah pengelolaan sistem akademik dan semua pemrosesan data seperti pencarian, tambah, edit, hapus, pembuatan laporan dapat dilakukan dengan komputer sehingga meminimalisir kesalahan data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Castagnetto, Jesus., 1999, Professional PHP Programming. Wrox Press, Indianapolis.

Firdaus, 2007, 7 Jam Belajar Interaktif PHP & MySQL dengan Dreamwever. Palembang: Maxikom.

Harahap, Erwin., 2007, Pemrograman Terstruktur. Bandung.

Jogiyanto, 2005, Pengenalan Komputer, Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Kristanto, 2008, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyanto, Agus., 2009, Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Pressman, S. Roger., 2011, Software Enginering A Practitioner’s Approach. Seventh Edition.

Rosa, A.S., dan M. Salahuddin., 2011, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Penerbit: Modula, Bandung.

Rosa, A.S., dan M. Shalahuddin., 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung.

Sutabri, Tata., 2012, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Widjajanto, 2008, Konsep dasar system informasi. Bandung.

Yakub, 2012, Pengantar sistem Informasi. Yogyakarta: Graha.

Zainal, 2002, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kepuasan User Di Universitar Bina Darma.

Published

2022-11-04

How to Cite

Rahmalisa, U. (2022). Jurnal PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM PEKANBARU BERBASIS WEB: PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM PEKANBARU BERBASIS WEB. Jurnal Ilmu Komputer, 11(2), 86–93. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.279

Most read articles by the same author(s)