Oktavianus UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPUTER SISWA KELAS XI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI SMA NEGERI PLUS PROPINSI RIAU TAHUN AJARAN 2018 / 2019

https://doi.org/10.33060/JIK/2018/Vol7.Iss2.95

Authors

  • Oktavianus Oktaf Taf SMA plus

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Portofolio, Pembelajaran

Abstract

Upaya Peningkatan Hasil  Belajar TIK Siswa kelas XI Dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio di SMA Negeri Plus Propinsi Riau Ajaran 2018/2019.

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri Plus propinsi Riau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri Plus Propinsi Riau dengan penerapan mode pembelajaran berbasis portofolio.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Plus Propinsi Riau yang berlokasi di jl. Lingkar Kubang Raya Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 25 orang. Dalam pengambilan data teknik yang digunakan adalah teknik penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi refleksi.

Dari siklus I hasil belajar siswa tidak memenuhi standar ketuntasan belajar minimal yaitu hanya memperoleh nilai 69 sehingga dilakukan siklus II. Didalam siklus II hasil belajar siswa meningkat bahkan lebih besar dari standar ketuntasan belajar minimal yaitu 77. Dengan demikian model pembelajaran berbasis portofolio yang dilaksanakan dikelas XI IPA I dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan 8

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana. 2008. Penerapan Penilaian Portofolio untuk Mengungkapkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan.Skripsi: FMIPA

Arfan dan Ghozali. 2006. Metodologi Penelitian. Medan : Madju.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dalam Seminar Guru-guru tentang Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta (tidak diterbitkan).

Depdiknas. 2002. http://sman1-belopa.sch.id. Diakses 12 Agustus 2008

Fajar, Arnie. 2005. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung : Rosda Karya

Hatta dan Sumarno. 2004. PenilaianPortofolio. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mankoesapoetra, A. 2004. Model Pembelajaran Portofolio

Mangkoespoetra, Arief. F. A. 2006. ModelPembelajaranPorfofolio. Bandung: Yudhistira.

Minauli, Irna. 2006. MetodeObservasi. Medan : USU Press.

Rusoni, E. 2004. Portofolio dan Paradigma BaruDalamPenilaian, http://www.depdiknas.go.id.Diakses 12 Agustus 2008

Situmorang. 2007. Pengaruh Modeln Pembelajaran Berbasis Portofolio Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Swasta Katolik Trisakti Medan. Skripsi: Fakultas Ekonomi
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Edisi VI, Bandung : Tarsito.

Sugiono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Surapranata, Sumarna. 2004. Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wiria atmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya.

Downloads

Published

2019-05-10

How to Cite

Taf, O. O. (2019). Oktavianus UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPUTER SISWA KELAS XI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI SMA NEGERI PLUS PROPINSI RIAU TAHUN AJARAN 2018 / 2019. Jurnal Ilmu Komputer, 7(2), 64–70. https://doi.org/10.33060/JIK/2018/Vol7.Iss2.95

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.