Jurnal ANALISIS DAN PENGUKURAN KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN ROBOT CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK BUSTANUL ULUM PEKANBARU)

ANALISIS DAN PENGUKURAN KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN ROBOT CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK BUSTANUL ULUM PEKANBARU)

https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.278

Authors

  • Uci Rahmalisa STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Akhmad Zulkifli Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Calistung, Ketercapaian Pembelajaran, SPSS, Robot Belangkas

Abstract

Penelitian ini merupakan turunan dari Riset Keilmuan LPDP yang lulus pada tahun 2022 yang penulis ikuti dan produk yang dihasilkan adalah Robot Pembelajaran Ringkas, yang disebut sebagai BELANGKAS. Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini akan dilakukan perhitungan kuesioner untuk menghitung kepuasan pelanggan terhadap Robot Belangkas (Belajar Ringkas), Belum mengetahui efektifitas ataupun ketercapaian pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis dan Menghitung) pada anak usia dini terhadap Robot Belangkas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mengukur ketercapaian dari implementasi Robot Belangkas dalam proses pembelajaran calistung pada anak usia dini, sehingga dapat berfungsi sebagai media dalam memudahkan siswa  dalam memahami pembelajaran menulis, membaca dan menghitung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak dengan menyebarkan koesioner kepada Guru dan Siswa-siswi di TK Bustanul Ulum Pekanbaru dengan responden sebanyak 21 orang, kemudian dilakukan perhitungan menggunakan sebuah aplikasi yaitu SPSS (Statistika Product and Service Solution) 21. Metode Korelasional adalah suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yang menghubungkan antara variabel Media Pembelajaran dan variabel Ketercapaian Pembelajaran pada siswa dan guru di TK Bustanul Ulum Pekanbaru. Maka hasil dan kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran dengan ketercapian pembelajaran sebesar 85%. Artinya semakin banyak Media Pembelajaran maka semakin Tinggi Ketercapaian Pembelajaran pada TK Bustanul Ulum Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annas, S. (2022). Makalah Mata Kuliah Statistika “ Pengujian Hipotesis .” June.

Billyarta, G. W., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy. Journal of Chemical Information and Modeling, 18(1), 41–62.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.

Dr. Vladimir, V. F. (2020). Analisis pengaruh cacat produksi dan biaya kualitas Terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan spss. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Edi, D., & Betshani, S. (2017). Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal Informatika, 5(1), 71–85.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Hermawan, H. (2018). Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan. 1–179.

Imam, W. (2018). Pascasarjana universitas islam negeri sunan ampel surabaya 2018. 148.

Lewenussa, R., Rawi, R. D. P., & Wijiastuti, R. D. (2020). Mengolah data kuisioner dengan aplikasi IMB SPSS versi 20. Abdimas Dewantara, 3(2), 75–80.

Lisnawati, L. (2020). Pengaruh Parenting Terhadap Pemahaman Orang Tua Mengenai Calistung Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 1–6.

MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.

Marlisa, L. (2018). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 25–38.

Novianta, E. N. indah mareta. (2019). persepsi orang tua terhadap pentingnya calistung di untuk anak usia 5-6 tahin di TK kartika IX-35 jember. Skripsi, 1(3), 1–56.

Novita, L. D. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Membaca , Tulis Dan. 1(2), 226–232.

Nurzaman, I., Yasbiati, Y., & Rahmattya, E. (2017). Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 40–52.

Putri, S. M., & Nugroho, R. A. (2022). Journal of Physical Education ( JouPE ) Hubungan Kekuatan Tungkai Dan Keseimbangan Terhadap Ketepatan Menendang. 3(1), 26–29.

Risanty, R. D., & Sopiyan, A. (2017). MENGAJAR MENGGUNAKAN BOT TELEGRAM PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA ( FT-UMJ ) DENGAN METODE POLLING. November, 1–2.

Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. 322–333.

Published

2022-11-04

How to Cite

Rahmalisa, U., & Akhmad Zulkifli. (2022). Jurnal ANALISIS DAN PENGUKURAN KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN ROBOT CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK BUSTANUL ULUM PEKANBARU): ANALISIS DAN PENGUKURAN KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN ROBOT CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK BUSTANUL ULUM PEKANBARU). Jurnal Ilmu Komputer, 11(2), 94–99. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.278

Most read articles by the same author(s)