SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENEMPATAN JABATAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMK PGRI PEKANBARU)

https://doi.org/10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss1.52

Authors

  • Anita Febriani Sistem Informasi STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Hendry Fonda
  • M Iqbal Diwara

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Simple Additive Weighting (SAW), Jabatan

Abstract

Dalam lingkungan perusahaan atau organisasi, komputer merupakan alat bantu yang mutlak diperlukan sehingga penerapan sebuah sistem berbasis komputer menjadi kebutuhan pokok dan memberikan keunggulan kompetitif. Masalah yang terjadi dalam proses evaluasi (penilaian) kinerja guru diantaranya adalah terutama jika beberapa guru yang ada memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Proses evaluasi (penilaian) yang rumit terjadi sekarang umumnya adalah adanya guru yang menempati jabatan yang hanya melihat pada kriteria pertama saja, tetapi guru tersebut belum tentu unggul pada beberapa kriteria-kriteria yang lain. SMK PGRI pekanbaru merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di pekanbaru. Dimana selama ini pada proses penempatan jabatan hanya dilihat dari hasil tes dan beberapa persyaratan dasar lainya. Sebagian besar guru mengalami kesulitan beradaptasi dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakan karena tidak memiliki latar belakang pengetahuan yang sesuai dengan posisi yang yang ditempatinya. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini akan berdampak negatif pada kinerja yang diberikan dan menghambat kemajuan sekolah. Oleh karena itu, Pihak sekolah mencari solusi agar dapat meminimalisasi kesalahan yang diakibatkan oleh kinerja guru, yaitu dengan cara menempatkan guru pada posisi atau bidang yang sesuai dengan kemampuanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto (2012). sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik
dengan metode saw (simple additive weighting).
Kustianingsih, Yeni. dan Anamisa Rosa Devie. (2011). World Wide web. Hal 4, Andi Offset, Yokyakarta.
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach Seventh Edition. New York: McGraw Hill.
Yuli Wahyu Anto (2012). Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Atm BRI Di Unit Kabupaten Ponorogo Dengan Metode SAW (Simple Additve Weighting) Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql.
Sri Eniyati (2011). “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).

Published

2017-09-22

How to Cite

Febriani, A., Fonda, H., & Diwara, M. I. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENEMPATAN JABATAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMK PGRI PEKANBARU). Jurnal Ilmu Komputer, 6(1), 57–63. https://doi.org/10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss1.52