PENGAPLIKASIAN ALGORITMA GENETIKA DALAM MENENTUKAN JALUR JALAN OPTIMAL WILAYAH KOTA PARIAMAN DENGAN LINTASAN TERPENDEK (SHORTEST PATH)

https://doi.org/10.33060/JIK/2015/Vol4.Iss1.33

Authors

  • Rida Fadila
  • Eka Sabna

Abstract

Algoritma Genetika adalah teknik pencarian dan optimasi yang terinspirasi oleh prinsip genetik dan seleksi alam (teori evolusi Darwin).Algoritma ini digunakan untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk permasalahan optimasi dengan satu variabel atau multi variabel.

                Permasalahan Travelling Salesman Problem merupakan salah satu persoalan optimasi kombinatorial. TSP merupakan persoalan yang sulit bila dipandang dari sudut  komputasinya. Beberapa metode telah digunakan untuk memecahkan persoalan tersebut. Dan algoritma genetika merupakan solusi dalam menentukan perjalanan terpendek yang melalui kota lainnya hanya sekali dan kembali ke kota asal keberangkatan.

                Pada algoritma genetika, teknik pencarian dilakukan sekaligus atas sejumlah solusi yang dikenal dengan istilah populasi. Individu yang terdapat dalam satu populasi disebut dengan istilah kromosom. Algoritma genetika ini terdiri dari beberapa prosedur utama yaitu prosedur seleksi, crossover, mutasi dan elitisme. Algoritma genetika dirancang menjadi suatu program dengan menggunakan Matlab 7.9 untuk penyelesaian permasalahan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal Junaidi, Admi Syarif, Tristiyanto, Rico Adrian. 2008. Paper Akmal

Kusumadewi,S., 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta : Graha Ilmu

Kusumadewi,S., dan Hari, p., 2005, Penyelesaian Masalah Optimasi dengan Teknik teknik Heuristik, Yogyakarta : Graha Ilmu

F.Saptono, I.Mutakhiroh, T. Hidayat, dan A. Fauziyah (2007). Perbandingan Performansi Algoritma Genetik dan Algoritma Semut untuk Penyelesaian Shortest Path Problem. Seminar Nasional Sistem dan Informatika. Bali. 16 November 2007.

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

Fadila, R., & Sabna, E. (2017). PENGAPLIKASIAN ALGORITMA GENETIKA DALAM MENENTUKAN JALUR JALAN OPTIMAL WILAYAH KOTA PARIAMAN DENGAN LINTASAN TERPENDEK (SHORTEST PATH). Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 59–78. https://doi.org/10.33060/JIK/2015/Vol4.Iss1.33