ANALISIS SISTEM PENGOLAHAN BERKAS REKAM MEDIS DI RSIA ERIA BUNDA PEKANBARUTAHUN 2020

https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.263

Authors

  • Aldiga Rienarti Abidin Kesehatan Masyarakat, Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Sistem, Pengolahan, Rekam Medis, Kesehatan Masyarakat

Abstract

Rekam medis adalah penunjang tercapainya tertib administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kesehatan dirumah sakit. Unit rekam medis di RSIA Eria Bunda ditemukannyahambatan dalam pencarian status pasien rawat jalan dan inap hal ini memyebabkan proses pencarian  yang sedikit lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran assembling, koding, pelaporan rumah sakit dan peyimpanan berkas rekam medis.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Metode pengambilan data diperoleh dari hasil wawancara mendalam.Lokasi dan waktu penelitian adalah di RSIA Eria Bunda pada Bulan Januari sampai Juli 2020.Subjek penelitian ini adalah kepala unit rekam medis dan staff rekam medis yang berjumlah 4 Informan.Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulanbahwa Sumber daya manusia yang dimiliki oleh RSIA Eria Bunda sudah cukup.SOP yang telah ditetapkan oleh RSIA Eria Bunda menjadi acuan bagi staff rekam medis dalam melakasanakan kegiatan rekam medis.Kosongnya lembar diagnosa menjadi hambatan dalam penyusunan berkas rekam medis.Dalam pengkodingan sering terjadi kesalahan dalam memahami tulisan dokter.Pelaporan rumah sakit yang dilakukan secara teratur dan ruang penyimpnanan berkas rekam medis sempit sehingga sulit untuk menemukan berkas rekam medis.Sebaiknya Rumah Sakit  mengadakan pelatihan secara berkala mengenai pengolahan berkas rekam medis kepada staff rekam medis.meningkatkan  edukasi kepada staff rekem medis mengenai standar operasional prosedur (SOP). memberikan pelatihan kepada staff rekam medis. Dan melakukan pergantian ruangan yang lebih luas untuk penyimpanan berkas rekam medis dan juga  penambahan rak rekam medis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DepKes RI, 2006, Pedoman Penyelenggaraan Dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit Tingkat, Provinsi, Kab/ Kota, Jakarta :Direktorat Jendral Pelayanan Medik.

DepKes RI, 2009, Sistem Kesehatan Nasional (SKN), Jakarta

Profil Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru tahun 2020

Eka, F.W, Muhadi(2019), Dasar Organisasi Dalam Manajemen Unit Kerja Rekam Medis, Sidiarjo:Indonesia Pustaka

Gunarti,R, muchtar,M. (2019) Rekam Medis & Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Thema Publishing

Handani, M.R(2017)Analisis Bauran Pemasaran Dirumah Sakit Lancing Kuning. Skripsi Kesehatan Masyarakat STIKEs Hantuah Pekanbaru

Hastono, S.P (2018). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan, Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Moleong, L.J. (2018). Metodelogi Penilaian Kualitatif, Bandung:PT.Remeja Rosdakarya

Nuraini,N(2015), Analisis Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis Rs”X” Tanggerang Periode April-Meil 2015 (Online) Vol.1. No.1 (http://journal.fkm.ui.ac.iddi AksesTanggal 18 Februari 2020)

Peraturan Menteri Kesehatan RI No.269/Menkes/Per/III/2008 Tentang Rekam Medis. Jakarta: Depkes RI

Published

2022-06-09

How to Cite

Aldiga Rienarti Abidin. (2022). ANALISIS SISTEM PENGOLAHAN BERKAS REKAM MEDIS DI RSIA ERIA BUNDA PEKANBARUTAHUN 2020. Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 62–66. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.263