RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI JASA SERVIS PADA BENGKEL SUMBER REZEKI MOTOR DENGAN DUKUNGAN SMS API

https://doi.org/10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss2.226

Authors

  • Bambang Kurniawan STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Ilman Ahmad STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Abdi Muhaimin STMIK Hang Tuah Pekanbaru
  • Henky Andema STMIK GICI

Keywords:

service, bengkel, waterfall, workshop

Abstract

Jasa service merupakan pelayanan utama pada sebuah bengkel sepeda motor. Agar pelayanan dan manajemen administrasi pada Sumber Rezeki Motor Pekanbaru lebih optimal, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem manajemen service  yang terkomputerisasi dengan baik. Manfaatnya adalah agar memudahkan proses pencatatan data barang, baik itu pembelian ataupun penjualan. Metode yang digunakan adalah metode waterfall, observasi, wawancara dan analisis. Sistem yang dihasilkan  mampu meringankan tugas pegawai bengkel dan membuat kinerja bengkel menjadi lebih efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Kiki. 2014. “SistemInformasi Data Servis Dan PenjualanPadaBengkelPendi Motor Di CilacapJawa Tengahâ€.NaskahPublikasiJurusanManajemenInformatika STMIK AMIKOMYOGYAKARTA. (repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_11.02.8003.pdf), diakses 12 Februari 2017.

Aziz Afrianto, Umar. 2012. “SistemInformasiJasaLayanan Service Sepeda Motor PadaAhass Motor CahayaSakti 871 Tlogosari Semarangâ€. Laporantugasakhir Program StudiSistemInformasi, FakultasIlmuKomputerUniversitas Dian Nuswantoro.

(eprints.dinus.ac.id/12944/1/jurnal_13317.pdf), diakses 20 Februari 2017.

Dennis, Alan. 2012. System Analysis And Design 5th Edition. America : Wiley.inc.

Irfan, Mohamad. 2015. “SistemInformasiPenjualan, Pembelian Dan Jasa Service PadaBengkel Central Motorâ€. Skripsi Program StudiSistemInformasi, FakultasTeknikdanIlmuKomputerUniversitasKomputerIndonesia (elib.unikom.ac.id/download.php?id=302633) diakses 15 Februari 2017.

Jogiyanto. 2005. AnalisisdanDesainSistemInformasi. Yogyakarta: PenerbitAndi.

Kadir, Abdul. 2008. TuntunanPraktis: Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: PenerbitAndi.

McLeod, R. 2001. SistemInformasiManajemen. Jakarta: PenerbitPrenhallindo.

Nugroho, Adi. 2010. RekayasaPerangkatLunakBerbasisObjekdenganMetode USDP. Andi. Yogyakarta.

Nugroho, Stefan Ekaresta. 2015. “SistemInformasiPelayananJasaServisSepeda Motor†StudiKasus : Naga Mulya Motor Yogyakarta. Jurnal EKSIS Vol 08. (https://ti.ukdw.ac.id/ojs/index.php/eksis/article/view/437),diakses 17 Februari 2017.

Rahmalisa, U., Mardeni, M., Helmi, R., &Linarta, A. (2020). Pemberimakanotomatispadakucingmenggunakan raspberry pi berbasis android. Jurnalteknologidan open source, 3(2), 298-308.

Saputro, Haris. danSugiri. 2008. Pengelolaan Database MysqldenganPhpMyadmin. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Satzinger, John. 2010. System Analysis & Design In Changing World 5th Edition. Boston : Cengage Learning.

Sholiq. 2006. PemodelanSistemInformasiBerorientasiObyekdengan UML. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering. Massachusetts: Pearson Education, Inc.

Suprianto, Aji. 2005, PengantarTeknologiInformasi, Jakarta: SalembaInfotek.

Susanto, Azhar. 2004. SistemInformasiAkuntansiKonsepdanPengembanganBerbasisKomputer. Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, Tata. 2005. SistemInformasiManajemen. Jakarta.

YahyaWelim,Yohannes. 2015. “PengembanganSistemInformasi Service KendaraanPadaBengkelKfmpâ€.Jurnal SIMETRIS, Vol6 No. 1. (jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/232), diakses 25 Februari 2017.

Published

2021-10-31

How to Cite

Kurniawan, B., Nasution, I. A. ., Muhaimin, A. ., & Andema, H. . (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI JASA SERVIS PADA BENGKEL SUMBER REZEKI MOTOR DENGAN DUKUNGAN SMS API. Jurnal Ilmu Komputer, 10(2), 151–156. https://doi.org/10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss2.226