PENERAPAN APLIKASI SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS (SPPD) PADA BAGIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI BERBASIS WEB

https://doi.org/10.33060/JIK/2019/Vol8.Iss1.121

Authors

  • hendry fonda fonda Program Studi Sistem Informasi STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Aplikasi, Surat perintah perjalanan dinas

Abstract

Peran sebuah  Sistem  didalam Pemerintahan sangatlah penting dalam pekerjaan yang dilakukan dalam instansi pemerintahan tersebut. Dimana masih banyak pekerjaan yang didalamnya yang masih memerlukan sistem terkomputerisasi salah satunya proses pembuatan surat perintah perjalanan dinas. Penelitian ini bertujuan membantu admin atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) mempermudah pembuatan surat perintah perjalanan dinas, yang mana dalam pembuatan pembuatan surat perintah perjalanan dinas saat ini masih  menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel, sehingga memerlukan waktu yang lama. Dengan adanya Aplikasi berbasis web surat perintah perjalanan dinas (SPPD) ini maka lebih mempermudah dan mempersingkat waktu pembuatan. Selain itu aplikasi SPPD memudahkan dalam pencarian data perjalanan dinas yang telah lalu, dikarena seluruh data otomatis terekap kedalam sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Aplikasi Edisi Revisi. Andi offset.Yogyakarta.
A.S Rosa , dan M.Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan. Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.
Bupati Kepulauan Meranti, 2017 . Peraturan Bupati Kepulauan Meranti Nomor 57 Tahun 2016 tentang Standar Belanja Umum Perjalanan Dinas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2017.
Gelinas, Ulrich & Dull, B. Richard, (2012). Accounting Information System, 9th ed. South Western Cengage Learning. 5191 Natorp Boulevard Mason, USA.
Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data dalam All in 1. Kompas Gramedia. Jakarta
Janner Simarmata. 2007. Perancangan Basis Data. Andi Offset.Yogyakarta.
Pressman, Roger S., 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), ANDI Yogyakarta.
Prahasta, Eddy.2014. “Sistem Informasi Geografis (Konsep-konsep dasar Perspektif geodesi &Geomatika). Bandung : CV. Informatika.
Satzinger, Jackson, Burd. 2012, Systems Analysis and Design in a Changing World. 6th Edition. USA : Joe sabatino.
S, Rosa A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Published

2019-05-11

How to Cite

fonda, hendry fonda. (2019). PENERAPAN APLIKASI SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS (SPPD) PADA BAGIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI BERBASIS WEB. Jurnal Ilmu Komputer, 8(1), 144–149. https://doi.org/10.33060/JIK/2019/Vol8.Iss1.121