APLIKASI PENILAIAN KINERJA DOSEN DALAM PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus: STMIK Hang Tuah Pekanbaru)

https://doi.org/10.33060/JIK/2019/Vol8.Iss1.119

Authors

Keywords:

Wisuda, Yudisium, Mahasiswa, query

Abstract

Yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Yudisium juga berarti pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah di ambil mahasiswa  dan penetapan nilai dalam transkrip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu, yang ditetapkan oleh pejabat berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium. Saat ini STMIK Hang Tuah Pekanbaru belum memiliki aplikasi untuk mengolah data kelulusan mahasiswa  yang akan digunakan pada saat yudisium. Untuk mengatasi permasalahan dengan system sekarang ini, maka dibangun sebuah system yang mampu melakukan perubahan data pada saat rapat yudisium, kepala program studi sebagai penyaji dan pimpinan rapat yudisium bisa langsung melakukan perubahan terhadap data tersebut, karena sistem telah menyiapkan modul untuk koreksi data. Beberapa alat bantu yang digunakan dalam perancangan system ini adalah penggambaran context diagram, diagram arus data hingga level 1 dan perancangan table yang akan digunakan dalam membangun aplikasi ini. Aplikasi ini diharapakn mampu mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi di STMIK Hang Tuah Pekanbaru. Penggunaan Aplikasi Yudisium memudahkan pengguna, di mana data mahasiswa, data matakuliah, data kerja praktek, data penelitian dan transkrip nilai sudah tersedia dalam database, hanya diperlukan query  dan design yang menarik sehingga data bisa ditampilkan menjadi slider presentasi pada saat yudisium dilaksanakan. Staf program studi tidak perlu menginputkan satu persatu data-data tersebut, karena data sudah tersedia dalam database.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mujilan, Agustinus. 2012,Sistem Informasi Akuntansi : Teori dan Wawasan di Dunia Elektronis. Widya Mandala (WIMA) Pers, Madiun.

STMIK Hang Tuah Pekanbaru, Buku Panduan Akademik Tahun 2017/2018

Subhan, M. 2012, Analisa Perancangan Sistem. Lentera Ilmu Cendekia, Jakarta.

Sutarman. 2012,Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Aksara, Yogyakarta.

Published

2019-05-11

How to Cite

melyanti, R. (2019). APLIKASI PENILAIAN KINERJA DOSEN DALAM PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus: STMIK Hang Tuah Pekanbaru). Jurnal Ilmu Komputer, 8(1), 99–106. https://doi.org/10.33060/JIK/2019/Vol8.Iss1.119

Most read articles by the same author(s)