APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK MANUSIA PADA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMP PONDOK PESANTREN BABUSALAM

APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK MANUSIA PADA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMP PONDOK PESANTREN BABUSALAM

Authors

  • Refni Wahyuni STMIK Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.33060/JIK/2018/Vol7.Iss2.87

Keywords:

Media Pembelajaran, Sistem Gerak Manusia, Flash 8, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Abstract

Human Motion system on Integrated natural science subject is one of the subjects that must be mastered by students of class IX. But there is still a portion of grade IX JUNIOR boarding school Babussalam is lacking in the capture and understand the lesson. This is due to the less-exciting learning strategie, the materials is not complete and the management of learning activities that do not arouse the children's learning motivation. Based on these problems then developed an application of multimedia computer-assisted learning can help students in receiving the lesson better, by presenting the material in an interesting and interactive. Learning media application system of human motion using Flash 8 programming in Language development and Multimedia Development Life Cycle as a method of research.Applications are assessed by 15 students a class IX student of JUNIOR HIGH SCHOOL to find out the response against a motion system learning media application. From the assessment results, it can be concluded that the application of the learning media motion system in human can help the process of teaching and learning and deserves to be used as a medium of instruction in class IX.

 

Abstrak

Sistem Gerak Manusia pada mata pelajaran IPA Terpadu adalah salah satu materi pelajaran yang mesti dikuasai oleh siswa kelas IX.Namun masih ada sebagian dari siswa kelas IX SMP Pondok Pesantren Babussalam yang kurang dalam menangkap dan memahami pelajaran tersebut.Hal ini dikarenakan strategi pembelajaran yang kurang menarik, materi yang tidak lengkap dan pengelolaan kegiatan belajar yang tidak membangkitkan motivasi belajar anak.Berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkanlah sebuah aplikasi multimedia pembelajaran berbantuan komputer yang dapat membantu siswa dalam menerima pelajaran dengan lebih baik, dengan menyajikan materi dalam kemasan yang menarik dan bersifat interaktif.Aplikasi media pembelajaran sistem gerak manusia ini menggunakan Bahasa pemograman Flash 8 dalam pengembangannya dan Multimedia Development Life Cycle sebagai metode penelitiannya.Aplikasi dinilai oleh 15 siswa kelas IX SMP untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap aplikasi media pembelajaran sistem gerak. Dari hasil penilaian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran sistem gerak pada manusia dapat membantu proses belajar mengajar dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IX.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi Guru, Tim. (2014) . IPA TERPADU ( Untuk SMP/ MTs Kelas VIII). Jakarta : Erlangga.

BNSP.(2007), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan

Arsyad, Azhar. ( 2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Agung, Gregorious. (2009). Kupas Tuntas Flash CS5. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Fowler, Martin.( 2005). UML Distilled. Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Harel and Moore (2011).State Transition Diagram. http://www.cs.unc.edu/~stotts/145/CRC/state.html. The University of North Carolina, Department of Computer Science.English.
Jogiyanto, HM. (1993). Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta : Andi Offset

John D. Latuheru. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.

Luther, Arc C. (1994) .Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Professional.

Mauluah, Luluk.(2016). Pengembangan Media Flash Player Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Di Mi Diponegoro Bantul. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 8, Nomor 1, Juni 2016; ISSN : 2085-0034. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/albidayah/article/download/1097/1002.

Permana, Budi. (2008). Adobe Photoshop CS3.Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Pressman, R.S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta : ANDI.

Ramadhan, Arief. (2004). Macromedia Flash MX.Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Retnoningsih, Endang. (2016). Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction (CBI). BINA INSANI ICT JOURNAL, Vol.3, No.1, Juni 2016, 194 – 204. ISSN: 2355-3421, 2527-9777. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICTJ/article/download/42/41.

Rokhman, Nur. (2014). Multimedia Pembelajaran Turunan Bernuansa Konstruktivisme Dan Problem Solving.Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume I Edisi 1 2014 ISSN 2407-7925.http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/2015/07/2.pdf.

Setiyaningrum, Ruhayati. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas VIII (Delapan) Sistem Pencernaan Manusia Pada Sekolah Menengah Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan. Vol 2 No 1 – Maret 2013 ISSN: 2302-1136 - seruniid.unsa.ac.id. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=69480&val=4872.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta

Wahyono, Teguh. (2006). 36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Macromedia Flash 8.Jakarta.: Elex Media Komputindo.

Wibowo, Endro Joko. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Vol 2 No 1 – Maret 2013 ISSN: 2302-1136. www.ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/584/574

Downloads

Published

2019-05-10