SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BEASISWA BERBASIS WEB SMA ISLAM DARUL HUDA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

https://doi.org/10.33060/JIK/2018/Vol7.Iss1.74

Authors

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, penyeleksian, beasiswa, metode AHP, Analytical Hierachy Process

Abstract

SMA Islam Darul Huda  merupakan SMA Islam  yang berada di desa Sukajadi Kab.Inhu (Kabupaten Indargiri Hulu). Seiring dengan banyaknya siswa yang kurang mampu, maka diadakan program beasiswa. Jenis beasiswa yang diberikan yaitu beasiswa BSKS (Badan Sosial Kesejahteraan Santri) yang setiap tahun diberikan untuk 20 orang siswa. Masalah yang sering timbul pada SMA Islam Darul Huda  adalah dalam penyeleksian pengambilan keputusan penerimaan beasiswa secara semi komputerisasi yaitu terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan penerimaan beasiswa karena tidak sesuai dengan kriteria  yang ada untuk siswa yang dapat memperoleh beasiswa. Lambatnya dalam proses pengumpulan data yang berhak menerima beasiswa dan susahnya mengambil keputusan hal ini disebabkan karena yang berhak mendapatkan beasiswa jumlahnya banyak, sementara jumlah penerima beasiswa sudah dibatasi jumlahnya.Dikembangkannya sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa berbasis web di SMA Islam Darul Huda  ini diharapkan akan membuat pelaksanaan penyeleksian beasiswa menjadi lebih transparan, sehingga dengan sistem ini para calon penerima beasiswa  tidak  perlu  bersusah payah  mendatangi  sekolah   untuk   sekedar   melihat   pengumuman   atau  informasi, dan pihak sekolah juga dapat melihat informasi yang   berkaitan   dengan penyeleksian  penerimaan beasiswa. Dengan demikian,  sistem  ini  akan  menjadikan  proses  pendataan  lebih  mudah dan  cepat.  Penyeleksian penerimaan beasiswa akan  menjadi  lebih  efisien,  baik  dalam  hal  waktu, tempat,  biaya,  maupun  tenaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, M, Rudyanto.,2011,pemograman Web dinamis menggunakan PHP dan MySQL, Andi Offset, Jakarta.
Bougeois, 2005. pengertian metode AHP (Analytical Hierarchy Process), termuat https://widuri.raharja.info/index.php diakses pada tanggal 24 februari 2017
Dalu Nuzlul Kirom, Yusuf Bilfaqih, Rusdhianto Effendie, 2012. Sistem Informasi Manajemen Beasiswa ITS Berbasis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP)
Eva Yulianti, Riska Damayanti, 2015. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Beasiswa Bagi Siswa SMA N 9 Padang Dengan Menggunakn Metode AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)
Enggar Wahyu Apriyanto, 2013. Sistem Pendukung keputusan penentuan penerimaan Bantuan keuangan Bencana Alam Dengan Menggunakan AHP (Analytical hierarchy process)
Fitrah Rumaisa, S.T., Tanti Nurafianti, 2010. Sistem Pendukung Keputusan Kelulusan Beasiswa Untuk Siswa Tidak Mampu
Juliyanti, Mohammad Isa Irawan, dan Imam Mukhlash, 2011. PEMILIHAN GURU BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSI
Kusrini, 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerbit C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Published

2018-04-28

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>