APLIKASI PEMBELAJARAN PERWASITAN CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET DENGAN MEMANFAATKAN COMPUTER AIDED LEARNING (CAL)

  • Andri Andri
  • Febi Yanto
Keywords: Aplikasi pembelajaran, Computer Aided Learning,, Multimedia, Pembelajaran konvensional, Wasit bola basket

Abstract

Olahraga bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) .Pada olahraga ini, diperlukan dua orang wasit

Untuk memimpin setiap pertandingan.Untuk menjadi seorang wasit pertandingan bola basket, seorang wasit harus menguasai teori dan praktek mengenai perwasitan bola basket. Dalam olahraga bola basket ini banyak terdapat peraturan yang  mengatur sebuah pertandingan bola basket tersebut. Pembelajaran perwasitan bola basket hanya terpaku pada media pembelajaran konvensional yaitu setiap teori yang diajarkan berasal dari media tertulis (buku, e-book, dan majalah). Media pembelajaran ini kurang menarik minat mahasiswa untuk mempelajari perwasitan bola basket ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah aplikasi pembelajaran perwasitan bola basket yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu ajar (Computer Aided Learning) yaitu teori dan contoh praktek perwasitan bola basket ditampilkan secara bersamaan. Sehingga membantu mahasiswa memahami materi perwasitan bola basket ini baik secara teori dan praktek. Dari hasil pengujian terhadap mahasiswa FKIP UIR Jurusan Pendidikan Jasmani diperoleh bahwa 90% mahasiswa mengakui bahwaaplikasi ini sangat membantu mahasiswa memahami materi perwasitan bola basket. Mahasiswa menyatakan bahwa tampilan aplikasi ini menarik karena dilengkapi dengan multimedia dan aplikasi pembelajaran perwasitan ini mudah dipahami oleh mahasiswa baik secarateori dan praktek.

References

Budi Raharjo. 2011. Artikel :Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Basket Melalui Metode Duplikasi Dengan Penggunaan Multimedia Pada Siswa Kelas VII SMP. Aceh, 2007. [Online] Available http://www.infodiknas.com/
peningkatan-keterampilan-bermain-bola-basket-melalui-metode-duplikasi-dengan-penggunaan-multimedia-pada-siswa-kelas-vii-smp-negeri-17-kota-banda-aceh-tahun-2007/,diakses tanggal 28 Mei 2011.

FIBA, PERBASI. 2011. PerturanResmi FIBA 2010. Jakarta.

HadiSutopo. 2011. Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia : Aplikasi Multimedia Dalam Pendidikan. Tangerang.

Indra. 2011, Apa itu Basket ? [Online] Available http://indraz.student.umm.ac.id/
download-as-pdf/umm_blog_article_3.pdf, diaksestanggal 12 Oktober 2011.
Nurmansyah Iqbal T. 2010. TugasAkhir :Pembuatan Media PembelajaranOlahraga Basket Menggunakan Macromedia Flash 8. Univ. Gunadarma Jakarta.

PPPPTK, PLB. 2011. Aplikasi Multimedia DalamDesainPembelajaran.

Robin Erickson. 2008. TugasAkhir :Aplikasi Pembelajaran Tehnik Dasar Bola Basket Dengan Menggunakan Macromedia Flash MX. Univ. Gunadarma Jakarta.

________, Pengertian Aplikasi [Online] Available http://www.totalinfo.or.id/, diaksestanggal 19 Mei 2011.

________, Basketball Court Dimension [Online] Available http://www.sportsknowhow.com/basketball/dimensions/high-school-basketball-court-dimensions.html, diaksestanggal 1 Juni 2011.
Published
2017-03-30