PEMODELAN UML SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA BARU BER¬BASIS WAP (Studi Kasus : Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru UPI “YPTK” Padang)

  • Gushelmi Gushelmi
  • Deded Ramad Kamda
Keywords: WAP, Mobile, UML, Object Oriented, Penerimaan Mahasiswa Baru

Abstract

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis WAP bukanlah sesuatu yang baru pada masa sekarang ini. Penerapan aplikasi berbasis WAP (mobile) telah banyak diterapkan pada semua bidang baik bidang pendidikan maupun bidang perdagangan. Pada masa sekarang ini banyak orang ingin mendapatkan informasi secara cepat dengan melakukan akses ke internet dengan mengunakan komputer dan perangkat mobile. Untuk itu perlunya pengembangan aplikasi berbasis Web dengan di imbangi dengan penerapan aplikasi berbasis WAP akan meningkatkan mobilitas penggunanya. Dengan menerapkan aplikasi WAP pada sistem pendaftaran tentu akan memberi kemudahan kepada pendaftar untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan informasi menggunakan perangkat mobile. Pada pengembangan ini tentu diperlukan model yang dapat membantu menganalisa sistem dan merancang sistem . UML merupakan konsep pemodelan berbasis Object Oriented (OO) yang dapat membantu dalam perancangan dan penganalisaan sistem. Di dalam UML banyak diagram yang dapat digunakan untuk menganalisa sistem dan perancangan sistem. UML mempunyai tiga kategori utama diagram yaitu struktur diagram, behavior diagram dan interaction diagram. Dimana masing-masing kategori tersebut memiliki diagram yang menjelaskan arsitektur sistem dan saling terintegrasi.

References

Al-Masri, Eyhab dan Qusay H.Mahmoud. Investigating Web Services on the World Wide Web. http://www2008.org/papers/pdf/p795-almasriA.pdf. Di Akses Pada Tanggal 9/02/2012. Pukul 08 :21 WIB.

Bulbrook, Dale. 2001. WAP A Beginner’s Guide. Osborne/McGraw-Hill. New York.

Deshpande, Dkk. 2002. Web Engineering. Journal of Web Engineering Vol 1 No. 1 (2002) 003-017. Copy right Rinto Press.

Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML. Unified Modelling Language. Jurnal Informartika Mulawarman. Vol 6 No.1 Februari 2011. Samarinda.

Murugesan, Deshpande, dan Steve. Web Engineering : A new Discipline For Development Of Web-Based Systems. http://www-itec.uni-klu.ac.at/~harald/proseminar/web11.pdf. Di Akses Pada Tanggal 10/01/2012. Pukul 20:21 WIB.

Nugroho, Adi. 2005. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Be¬rorientasi Objek. Informatika: Bandung.

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi Offset: Yogyakarta.

Sommerville, Ian. 2001. Software Engineering. Edisi 6. Addison-Wesey.

Wijaya, Mulyanto, dan Mustakim. 2010. Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web dan Wap. Seminar Nasional VI SDM Teknologi Nuklir. 18 No¬vember 2010.ISSN 1978-0176. Yogyakarta.
Published
2017-03-30