PEMODELAN DAN SIMULASI SISTEM ANTRIAN PELAYANAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) PADANG

  • Raja Ayu Mahessya UPI "YPTK" Padang
Keywords: Antrian, Monte Carlo, Multi Channel Single Phase, Arena

Abstract

Antrian merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Antrian terjadi bilamana banyaknya pelanggan yang akan dilayani melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Situasi antrian tersebut dapat ditemukan pada beberapa kejadian, salah satunya adalah pada loket pengiriman di PT Pos Indonesia(Persero) Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem antrian pelayanan pelanggan yang terjadi di PT Pos pada loket pengiriman. Yang menggambarkan bagaimana  keadaan antrian yang terjadi dan untuk mengetahui  apakah pelayanan yang dilakukan kepada pelanggan sudah dilakukan secara optimal , walaupun perusahaan sudah memilki beberapa loket pengiriman barang. Untuk itu,digunakan pemodelan dan simulasi dengan metode Monte carlo dengan sistem antrian  Multi Channel Single Phase. Dan menggunakan software Arena dalam membuat model simulasi dari model antrian pada PT Pos.Penelitian ini menggunakan motede observation atau terjun langsung kelapangan  dan melakukan riset perpustakaan  serta penelitian laboratorium. Hasil yang ditampilkan berupa bentuk simulasi yang menggunakan software Arena pada layer desktop.

References

Fauziah, Agustina, I., & Andryana, S. (2012). Analisis Implementasi Random Number Generate ( Rng ) Pada Simulasi Antrian Menggunakan Aplikasi Berbasis . Net Framework. SEMNASIF, (Number Generate (RNG)), 32–36.
Iswandy, E., & Novinaldi. (2015). PEMODELAN DAN SIMULASI DALAM MENENTUKAN JUMLAH PENJUALAN PRODUK MOTOR DENGAN METODE MONTE CARLO Eka Iswandy 1 Novinaldi 2. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendikan, 8(Monte Carlo).
Nashrulhaq, M. I., Nugraha, C., & Imran, A. (2014). Model Simulasi Sistem Antrean Elevator *. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(Model Simulasi), 121–131.
Nursanti, I., Lisa P, A., Qoyyimah, M., C.C, C., & Hannas A, M. (2015). ANALISIS PERBAIKAN SISTEM ANTRIAN PELANGGAN SKIN CARE XYZ DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI. IENACO, (Model Simulasi), 234–239.
Saputri, T., Nugraha, C., & Amila, K. (2014). Model Simulasi Untuk Pergerakan Kendaraan. Jurnal Online Intitut Teknologi Nasional, 2(Model Simulasi), 12–24.
Sitompul, L. (2014). Simulasi Antrian Pengisian Kartu Rencana Studi Model Single Queue Multi Server Denganalgoritma First in First Out ( Studi Kasus : Stmik Budidarma Medan ). Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, VII(Single Queue Multi Server), 79–84.
Sridadi, B. (2009). Pemodelan dan Simulasi Sistem : Teori , Aplikasi dan Contoh Program dalam Bahasa C. Bandung: Informatika.
Trikarita Gustyana, T., & Shintia Dewi, A. (2014). KEAKURATAN HARGA CALL OP- SCHOLES PADA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN ( IHSG ). Jurnal Manajemen Indonesia, 14(Black Scholes), 259–268.
Wahyuningsih, S. (2013). PENGEMBANGAN LAYANAN JASA PENGIRIMAN PT . POS INDONESIA UNTUK KEBUTUHAN MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG SHIPMENT SERVICE DEVELOPMENT OF PT POS INDONESIA FOR. Puslitbang Penyelenggaraan Pos Dan Informatika - Kementrian Kominfo, (Layanan Jasa), 19–48.
Zulfikar, Zulhelmi, & Amri, K. (2016). Desain sistem kontrol penyalaan lampu dan perangkat elektronik untuk meniru keberadaan penghuni rumah. Jnte, 5(Sistem KOntrol), 2302–2949.
Published
2017-09-19