IMPLEMENTASI ARDUINO DALAM RANCANG BANGUN ALAT UJI EMISI KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ANDROID

  • Ikhsan Ikhsan -
Keywords: CO, HC, MQ-9, MQ-2, Mikrokontroler, Bluetooth, Android.

Abstract

Di Indonesia kendaraan bermotor meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun, salah satunya sepeda motor. Peningkatan jumlah kendaraan ini akan berbanding lurus dengan polusi udara yang ditimbulkan. Hal ini dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan manusia, karena dari hasil pembakaran tersebut menghasilkan gas-gas beracun seperti karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC). Untuk itu perlu dibuat dan dikembangkan alat untuk menguji kadar emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan bermotor, sehingga pembatasan pemakaian berdasarkan usia kendaraan dan polusi udara bisa jadi berkurang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literature, observasi, wawancara dan perancangan. Alat ini bisa mendeteksi kadar gas buang kendaraan bermotor dengan menggunakan sensor gas MQ-9 untuk pengukuran CO dan sensor MQ-2 untuk pengukuran HC, sedangkan piranti proses menggunakan mikrokontroler arduino dan piranti keluaran menggunakan Bluetooth sebagai perintah pengiriman data ke smartphone android yang akan menampilkan nilai baik buruknya gas buang kendaraan bermotor tersebut. Dari hasil pembuatan dan pengujian alat di dapatkan hasil penelitian bahwa alat uji emisi gas buang yang di buat dapat mengukur kadar emisi gas buang kendaraan 2 tak dan 4 tak, dengan standart pengukuran berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006. Secara keseluruhan di simpulkan bahwa alat uji emisi gas buang yang telah di buat sudah bekerja dengan baik dan bekerja sebagaimana mestinya. Dengan keunggulan : alat bisa bekerja secara portable atau dibawa-bawa dan dapat ditampilkan hasil pengukurannya pada android.

References

Diartono, Dwi Agus. 2009. “Teknologi Bluetooth Untuk Layananan Internet padaWireless Local Area Network.” Dinamik - Jurnal Teknologi Informasi XIV (Internet): 70–78. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/93.
Dinata, Yuwono Marta. 2014. Arduino_itu_mudah. Elex Media.
Hamdi, Gani and Krisnawati. 2011. “Membangun Aplikasi Berbasis Android ‘ Pembelajaran Psikotes .’” Jurnal Dasi 12 (Android): 37–41.
Kadir, Abdul. 2014. From_Zero_To_A_Pro__Pemrograman_Aplikasi_Android_cd. andipublisher.
Mandarani, Putri. 2014. “Perancangan Dan Implementasi User Interface Berbasis Web Untuk Monitoring Suhu , Kelembaban Dan Asap Pada Ruangan Berbeda Dengan Memanfaatkan Jaringan Local Area Network.” Jurnal TEKNOIF 2 (web): 37–42.
Prayudha, Jaka, Dicky Nofriansyah, and Muhammad Ikhsan. 2014. “Otomatisasi Pendeteksi Jarak Aman Dan Intensitas Cahaya Dalam Menonton Televisi Dengan Metode Perbandingan Diagonal Layar Berbasis Mikrikontroler Atmega 8535.” Jurnal Ilmiah Saintikom 13 (mikrokontroller): 171–82.
Syahid. 2012. “Rancang Bangun Robot Beroda Berbasis Android Menggunakan Komunikasi USB.” Jurnal Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, no. robot: 33–42. http://id.scribd.com/doc/217851408/JTET-1-2-2012-Hal-33-42#scribd.
Syahwil, Muhammad. 2014. Panduan-Mudah-Simulasi-Praktek-Mikrokontroler-Arduino. Andi Publisher.
Toyib, Rozali, and Juni Hidayatullah. 2016. “APLIKASI REMOTE KONTROL CPU / LAPTOP JARAK JAUH DENGAN MEDIA SERIAL.” Jurnal Pseudocode III (Mikrokontroller): 50–60.
Tri, Bambang, Wahjo Utomo, and Dharmawan Setya Saputra. 2016. “Simulasi Sistem Pendeteksi Polusi Ruangan Menggunakan Sensor Asap Dengan Pemberitahuan Melalui SMS ( Short Message Service ) Dan Alarm Berbasis Arduino.” JITIKA 10 (Arduino): 56–68.
Published
2017-09-19