KORELASI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP INDEKS PRESTASI MENGGUNAKAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION

https://doi.org/10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.176

Authors

Keywords:

Learning Vector Quantization, Korelasi, Motivasi Berprestasi, Indeks Prestasi, Correlation, Achievement motivation, Index Achievement

Abstract

Motivasi Berprestasi mempengaruhi etos belajar mahasiswa. Dengan Motivasi Berprestasi yang tinggi, mahasiswa diharapkan memperoleh Indeks Prestasi yang tinggi pada akhir semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi Motivasi Berprestasi terhadap Indeks Prestasi mahasiswa. Data yang digunakan adalah data motivasi berprestasi dan data indeks prestasi dari 44 orang mahasiswa. Metode yang digunakan untuk pelatihan dan pengujian data adalah Learning Vector Quantization. Hasil penelitian memperlihatkan persentase akurasi pelatihan sebesar 97.06% untuk data latih sebanyak 34 data, sedangkan untuk pengujian dengan menggunakan data uji sebanyak 8 data didapatkan persentase akurasi pengujian sebesar 75%. Persentase hasil pengujian menunjukkan bahwa korelasi Motivasi Berprestasi berbanding lurus dengan Indeks Prestasi yang dicapai oleh mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki Motivasi Berprestasi yang tinggi agar mampu menyelesaikan studi dengan nilai terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-10-16

How to Cite

Kurniawan, B. (2020). KORELASI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP INDEKS PRESTASI MENGGUNAKAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION . Jurnal Ilmu Komputer, 9(2), 124–129. https://doi.org/10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.176