Rancang Bangun Sistem E-Learning Berbasis Web Di SMAN 1 Singingi

https://doi.org/10.33060/JIK/2019/Vol8.Iss1.114

Authors

Keywords:

Sistem, E-learning, Waterfall, PHP, MySQL

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Singingi adalah institusi pendidikan yang siap menciptakan sumber daya manusia yang handal. Metode pembelajaran di SMAN 1 Singingi masih menggunakan metode tatap muka dikelas siswa berdasarkan bahan ajar dari buku dan penjelasan dari guru. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, SMAN 1 Singingi bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menerapkan metode pembelajaran  secara online yaitu dengan aplikasi e-learning. Elearning merupakan penerapan metode pembelajaran dengan teknologi informasi yang dapat membantu proses belajar mengajar agar lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan sistem e-learning berbasis web yang memberikan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan efektif kepada siswa. Pembuatan sistem e-learning menggunakan metode waterfall, dimana waterfall adalah model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software. Bahasa pemrograman dalam membangun sistem e-learning menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Pembelajaran dengan metode sistem e-learning memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran kepada siswa dan siswa dapat dengan mudah mendapat materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprisa, & Monalisa, S. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis WEB (Studi Kasus : PT. Inti Pratama Semesta). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 1(No. 1), 49–54.

Gushelmi, & Kamda, D. R. (2012). Pemodelan UML Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis WAP (Studi Kasus : Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru UPI “YPTK” Padang). Jurnal Ilmu Komputer (Computer Science Journal), Vol. 1(No. 1), 24–44.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagaiu Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 90–102. https://doi.org/10.21831/JPV.V3I1.1584

Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi (Edisi Revi). Yogyakarta: Andi.


Khamidah, K., & Triyono, R. A. (2013). Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan PHP dan My SQL Studi KasuS SMPN 1 Arjosari. Indonesian Jurnal on Networking and Security, Vol. 2(No. 2), 1–7. https://doi.org/10.1123/ijns.v2i2.236

Moenir, A., & Sinaga, D. T. (2017). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web pada SMP Islam Al-Muhajirin. In Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi (pp. 254–261).

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol. 2(No. 1), 6–12.

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, Vol. 3(No. 1), 1–9.

Suharyanto, & Mailangkay, A. B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, Vol. 3(No. 4), 17–21.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi (Ed. I). Yogyakarta: Andi.

Triandini, E., & Suardika, I. G. (2012). Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi.

Urva, G., & Siregar, H. F. (2015). Pemodelan UML E- Marketing Minyak Goreng. Open Access Journal of Information Systems, (2), 92–101.

Yulisman. (2017). Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan dengan Metode Perceptron untuk Menentukan Jenis E-Learning (Studi Kasus di STMIK Hang Tuah Pekanbaru). Jurnal Ilmu Komputer (Computer Science Journal), Vol. 6(No. 2), 64–72. https://doi.org/10.33060/JIK/2017/Vol6.Iss2.58

Published

2019-05-11

How to Cite

Yulisman, Y. (2019). Rancang Bangun Sistem E-Learning Berbasis Web Di SMAN 1 Singingi. Jurnal Ilmu Komputer, 8(1), 128–137. https://doi.org/10.33060/JIK/2019/Vol8.Iss1.114

Most read articles by the same author(s)